FAT VS NTFS



FAT (Alokasi File Tabel )

FAT adalah sebuah file sistem arsitektur computer yang sekarang paling banyak digunakan pada sistem komputer dan kartu memori, seperti yang digunakan dengan kamera digital.. file sistem FAT biasanya ditemukan pada disket , flash memori kartu, kamera digital , dan banyak perangkat portable lain karena kesederhanaan relatif mereka.. Kinerja FAT membandingkan yang paling buruk untuk sistem file lain karena menggunakan struktur data terlalu sederhana, membuat file operasi memakan waktu, dan membuat masyarakat miskin menggunakan ruang disk dalam situasi di mana banyak file kecil yang hadir.

Untuk disket, FAT telah distandarisasi sebagai ECMA -107 [1] dan ISO / IEC[2] [3] Standar tersebut hanya mencakup FAT12 dan FAT16 tanpa nama file lama dukungan; nama file panjang dengan FAT adalah sebagian dipatenkan 9293.

Sistem berkas FAT yang relatif mudah secara teknis dan didukung oleh hampir semua yang ada sistem operasi untuk komputer pribadi. Hal ini membuat format berguna untuk solid-state kartu memori dan dengan mudah berbagi data antara sistem operasi .

Sejarah

Sistem berkas FAT dikembangkan oleh Bill Gates dan Marc McDonald selama 1976-1977. [4] [5] Itu adalah sistem file utama untuk berbagai sistem operasiDR-DOS , FreeDOS , MS-DOS , OS / 2 (v1. 1) dan Microsoft WindowsWindows Me ). termasuk (sampai

Sistem berkas FAT diciptakan untuk mengelola disk di Microsoft Disk Standalone BASIC, Pada Agustus 1980 Tim Paterson dimasukkan ke dalam nya FAT 86 DOS sistem operasi untuk S-100 8.086 papan CPU; [6] sistem berkas adalah perbedaan utama antara 86-DOS dan pendahulunya, CP / M .

Nama berasal dari penggunaan meja yang centralizes informasi tentang daerah mana file milik, bebas atau mungkin tidak dapat digunakan, dan di mana setiap file disimpan pada disk Untuk membatasi ukuran meja, ruang disk dialokasikan untuk file dalam grup bersebelahan dari sektor perangkat keras yang disebut cluster . Seperti disk drive berkembang, jumlah maksimum cluster telah secara dramatis meningkat, sehingga jumlah bit yang digunakan untuk mengidentifikasi setiap cluster telah tumbuh. Versi utama berturut-turut format FAT diberi nama setelah jumlah bit elemen tabel: 12, 16, dan 32. Standar FAT juga telah diperluas dengan cara lain sambil menjaga kompatibilitas dengan perangkat lunak yang ada.

FAT12

Versi awal FAT sekarang disebut sebagai FAT12. Dirancang sebagai sistem file untuk disket, itu alamat cluster-bit terbatas pada nilai-nilai 12, yang tidak hanya terbatas jumlah cluster untuk 4078,  FAT manipulasi dibuat namun sulit dengan yang 8-bit-bit PC dan register 16 (Di Linux, FAT12 dibatasi hingga 4.084 cluster.  ) disk ukuran tersebut disimpan sebagai bit hitungan 16 sektor , yang membatasi ukuran sampai 32 MBlagu , dengan 8 sektor per track, menghasilkan kapasitas 160 KB untuk kedua bidang sistem dan file. Keterbatasan FAT12 melebihi kapasitas ini dengan faktor sepuluh atau lebih. .FAT12 digunakan oleh beberapa manufaktur dengan format fisik yang berbeda , tapi floppy disk khas pada saat itu adalah 5,25 inci, satu-sisi, 40

Dengan konvensi, semua struktur kontrol diselenggarakan sesuai dalam lagu pertama, sehingga menghindari gerakan kepala saat membaca dan menulis operasi, meskipun hal ini bervariasi tergantung pada pabrik dan format fisik disk. Pada waktu FAT12 diperkenalkan, DOS tidak mendukung direktori hirarkis, dan jumlah maksimum file yang biasanya terbatas pada beberapa lusindirektori hirarkis diperkenalkan di MS-DOS versi 2.0.

Sebuah keterbatasan yang tidak ditujukan sampai banyak kemudian adalah bahwa setiap sektor buruk di daerah kontrol struktur, lagu 0, bisa mencegah disk dari yang digunakan. DOS format disk seperti alat menolak sepenuhnya. sektor Buruk diizinkan hanya di daerah file, di mana mereka membuat cluster seluruh memegang juga tidak dapat digunakan. FAT12 tetap digunakan pada semua umum disket , termasuk 1,44 MB yang.

Initial FAT16

Pada tahun 1984, IBM merilis PC AT , yang menampilkan MB hard disk 20. Microsoft introduced MS-DOS 3.0 in parallel. Microsoft memperkenalkan MS-DOS 3,0 secara paralel ( sebelumnya XT PC adalah PC pertama dengan hard drive dari IBM, dan MS-DOS 2,0 didukung dengan yang FAT12.) Cluster alamat hard drive meningkat menjadi 16-bit, yang memungkinkan untuk sampai 65.517 cluster per volume, dan akibatnya banyak ukuran file sistem yang lebih besar, setidaknya dalam teori. Namun, jumlah maksimum yang mungkin sektor dan maksimum ( partisi , bukan disk) ukuran 32 MB tidak berubah. Oleh karena itu, meskipun secara teknis sudah “FAT16”, format ini tidak apa hari ini umumnya dipahami sebagai FAT16. Dengan implementasi awal dari FAT16 tidak benar-benar menyediakan untuk ukuran partisi lebih besar dari FAT12, manfaat awal dari FAT16 adalah untuk memungkinkan penggunaan kelompok yang lebih kecil, membuat penggunaan disk lebih efisien, terutama untuk beberapa ratus file dalam ukuran byte, yang jauh lebih umum pada saat itu. Selain itu, pengenalan FAT16 sebenarnya membawa peningkatan ukuran partisi maksimum di bawah MS-DOS, semenjak pelaksanaan FAT12 untuk hard disk dalam MS-DOS 2.0 telah dibatasi hanya 15 MB. (Artinya, awal FAT16 tidak mendukung drive lebih besar dari FAT12, tapi MS-DOS 3,0 menggunakan FAT16 tidak mendukung drive lebih besar dari MS-DOS 2,0 menggunakan FAT12, dengan faktor dua.)

Sebuah hard disk 20 MB diformat di bawah MS-DOS 3.0 tidak dapat diakses oleh MS-DOS yang lebih tua 2.0. (Hal ini karena MS-DOS 2,0 tidak mendukung versi 3.0 ‘s FAT-16 dan karena tidak mendukung partisi hard disk lebih dari 15 MB) Tentu saja., MS-DOS 3,0 masih bisa akses MS-DOS 2,0 gaya 8 KB-cluster partisi.

MS-DOS 3.0 juga memperkenalkan dukungan untuk high density 5,25 MB 1,2 “disket, yang terutama memiliki 15 sektor per track, maka lebih banyak ruang untuk FATs. Hal ini mungkin mendorong optimasi meragukan dari ukuran cluster, yang turun dari 2 sektor untuk hanya 1. Pengaruh bersih adalah bahwa disket kepadatan tinggi secara signifikan lebih lambat dari yang lebih tua kepadatan ganda.

Extended partition and logical drives

Selain memperbaiki struktur dari sistem berkas FAT itu sendiri, pembangunan paralel memungkinkan peningkatan ukuran maksimum FAT mungkin adalah pengenalan beberapa partisi FAT. Awalnya hanya DOS siap untuk menangani satu partisi FAT, meskipun ia datang dengan dokumentasi dan alat pemrograman untuk pembuatan driver perangkat diinstal untuk menangani multi-partisi, dan pihak ketiga pemasok cepat menyediakan perangkat lunak hilang. partisi yang digunakan untuk berbagi disk antara sistem operasi, biasanya DOS dan Xenix pada saat itu. Extra partisi DOS tidak bisa digunakan sebagai partisi boot, karena driver perangkat diinstal dimuat (di config.sys) hanya setelah bagian pertama dari proses boot DOS. Kemudian, pihak ketiga menjadi alat yang tersedia yang menggantikan DOS master boot record (MBR) dan langsung dimuat driver non-DOS sebelum DOS: sistem seperti ini biasanya datang dengan peringatan hati-hati bahwa tanpa perangkat lunak pihak ke-3, disk tidak akan kompatibel dengan DOS. Cukup beberapa memungkinkan identik-cari partisi DOS bisa menyebabkan masalah penamaan: perilaku jika lebih dari satu partisi aktif ditandai tidak terdokumentasi (meskipun didefinisikan dengan baik), seperti perilaku jika ada lebih dari satu hard disk di komputer (yang mesin tergantung), atau jika sistem itu boot dari sebuah disket.

Untuk mengizinkan penggunaan partisi FAT lebih dengan cara yang kompatibel, sebuah tipe partisi baru diperkenalkan (dalam MS-3.2, DOS Januari 1986), yang partisi extended , yang merupakan wadah untuk partisi drive tambahan yang disebut logis. awalnya hanya satu drive logis mungkin Pada MS-DOS 3.3 (Agustus 1987) batas ini meningkat sampai 24 drive, sama dengan jumlah maksimal huruf yang tersedia untuk nama drive (A dan B yang diperuntukkan bagi dua floppy drive pertama, setidaknya satu dari yang banyak, jika tidak sebagian besar, sistem era itu dilengkapi dengan; di mana hanya satu telah terinstal, B selalu disimulasikan drive kedua menggunakan A). Logical drive dijelaskan oleh-disk struktur yang sangat mirip dengan Master Boot Record (MBR) dari disk (yang menggambarkan partisi utama), kemungkinan untuk mempermudah pelaksanaannya. Partisi ini disimpan sebagai deretan blok terpisah di dalam kotak tunggal; blok ini sering disebut sebagai dirantai bersama-sama, dengan link pada mereka diperpanjang boot record (EBR) sektor.hanya satu partisi extended di perbolehkan Dalam MS-DOS, drive logis tidak bootable, dan partisi extended hanya dapat dibuat setelah partisi FAT primer, yang menghapus semua ambiguitas tetapi juga menghilangkan kemungkinan beberapa versi DOS boot dari hard disk yang sama. (Ada sistem yang lain dari MS-DOS dapat boot drive logis, dan partisi dapat dibuat dalam urutan apapun menggunakan pihak ketiga alat format.)

Final FAT16

Akhirnya pada bulan November 1987, Compaq DOS 3,31 (versi OEM MS-DOS 3,3 dirilis oleh Compaq dengan mesin mereka) memperkenalkan apa yang sekarang disebut format FAT16, dengan perluasan sektor-bit disk menghitung 16-32 bit. Hasilnya adalah awalnya disebut DOS 3,31 Besar File System. Meskipun perubahan-disk yang kecil, driver DOS seluruh disk harus dikonversi untuk menggunakan bit sektor nomor-32, tugas rumit oleh fakta bahwa itu ditulis dalam 16-bit bahasa assembly .

Pada tahun 1988 perbaikan ini menjadi lebih umum tersedia melalui MS-DOS 4.0 dan OS / 2 1.1. Batas ukuran partisi ditentukan oleh-bit 8 ditandatangani hitungan sektor per cluster, yang memiliki nilai maksimum dari dua kekuatan 64. Dengan sektor ukuran standar hard disk 512 byte, ini memberikan maksimal 32 kelompok KB, dengan demikian memperbaiki “definitif” batas untuk ukuran partisi FAT16 sebesar 2 gigabyte . Pada magneto-optical media, yang dapat memiliki 1 atau 2 sektor KB bukan 1 / 2 KB, batas ukuran ini secara proporsional lebih besar.

Banyak kemudian, Windows NT meningkatkan ukuran maksimum cluster untuk 64 KB dengan mempertimbangkan per-cluster menghitung sektor sebagai unsigned. Namun, format yang dihasilkan tidak kompatibel dengan implementasi FAT lain waktu, dan yang dihasilkan lebih besar fragmentasi internal . Windows 98 juga didukung membaca dan menulis varian ini, namun utilitas disk tidak bekerja dengannya.

Jumlah entri direktori root yang tersedia tersebut ditentukan pada saat volume diformat, dan disimpan dalam 16-bit masuk lapangan, mendefinisikan batas absolut dari 32.767 entri (32.736, kelipatan dari 32, dalam praktek). Untuk alasan historis, FAT12 dan FAT16 media umumnya menggunakan entri 512 root direktori pada media non-floppy. ukuran lain mungkin tidak kompatibel dengan beberapa perangkat lunak atau perangkat (entri menjadi file dan / atau nama folder dalam format 8,3 asli). Beberapa alat pihak ketiga seperti mkdosfs memungkinkan pengguna untuk mengatur parameter ini.

Long file names

Salah satu pengalaman pengguna tujuan untuk para perancang Windows 95 adalah kemampuan untuk menggunakan nama file panjang (LFNs-up hingga 255 UTF-16 kode poin panjang), selain klasik 8,3 nama file . LFNs dilaksanakan menggunakan solusi di direktori entri cara diletakkan (lihat di bawah).

Versi dari sistem file dengan ekstensi ini biasanya dikenal sebagai VFAT setelah Windows 95 driver virtual , juga dikenal sebagai “FAT Virtual” di’s dokumentasi Microsoft. Menariknya, driver VFAT sebenarnya muncul sebelum Windows 95, di Windows for Workgroups 3.11, tapi hanya digunakan untuk menerapkan bit akses file-32 dan tidak mendukung nama file panjang.

Pada Windows NT, dukungan untuk nama file panjang pada FAT mulai dari versi 3,5 . OS / 2 menambahkan dukungan nama file panjang ke FAT menggunakan atribut diperpanjang (EA) sebelum pengenalan VFAT; demikian, VFAT nama file panjang tidak terlihat untuk OS / 2, dan EA tidak terlihat nama file panjang ke Windows.

FAT32

FAT32 adalah versi sistem berkas FAT yang paling baru, yang diperkenalkan ketika Microsoft merilis Windows 95 OEM Service Release 2 (Windows 95 OSR2). Tabel sistem operasi Windows yang mendukung sistem berkas FAT32 ini sebagai berikut.

Sistem operasi Dukungan
MS-DOS Tidak
Windows 95 (versi awal) Tidak
Windows 95 OSR2 Ya
Windows 98 Ya (Windows 98 juga memiliki utilitas untuk mengonversi FAT16 ke FAT32)
Windows Millennium Edition Ya
Windows NT 3.x Tidak
Windows NT 4.0 Tidak
(Beberapa perusahaan, seperti Winternals membuat driver FAT32 untuk Windows NT 4.0)
Windows 2000 Ya
(Windows 2000 membatasi kapasitas partisi FAT32 yang dapat dibuat hingga 32768 Megabytes saja)
Windows XP Ya
(Windows XP membatasi kapasitas partisi FAT32 yang dapat dibuat hingga 32768 Megabytes saja)
Windows Server 2003 Ya
(Windows Server 2003 membatasi kapasitas partisi FAT32 yang dapat dibuat hingga 32768 Megabytes saja)
Windows Vista Ya
(Windows Vista membatasi kapasitas partisi FAT32 yang dapat dibuat hingga 32768 Megabytes saja)

Karena menggunakan tabel alokasi berkas yang besar (32-bit), FAT32 secara teoritis mampu mengalamati hingga 232 unit alokasi (4294967296 buah). Meskipun demikian, dalam implementasinya, jumlah unit alokasi yang dapat dialamati oleh FAT32 adalah 228 (268435456 buah). Ukuran unit alokasi maksimum dapat mencapai 32768 byte (64 sektor), sehingga secara teoritis dapat mengalamati 8 terabytes (8192 Gigabytes), meski tidak disarankan. Selain itu, program instalasi beberapa keluarga sistem operasi Windows NT 5.x ke atas hanya mengizinkan pembuatan partisi FAT32 hingga 32 Gigabyte (jika partisi lebih besar dari 32 GB, maka program instalasi Windows hanya menyediakan sistem berkas NTFS). Dalam instalasi sistem operasi Windows NT 5.x ke atas, jika ukuran partisi di mana Windows diinstalasikan kurang dari 2 Gigabyte, program instalasi akan menggunakan sistem berkas FAT16; dan berlaku sebaliknya, jika partisi di mana Windows hendak diinstalasikan lebih dari 2 Gigabyte, program instalasi akan menggunakan sistem berkas FAT32.

Fragmentation

fragmentasi adalah sebuah fenomena di ruang penyimpanan yang digunakan tidak efisiennya, mengurangi kapasitas penyimpanan. Istilah ini juga digunakan untuk menunjukkan tempat yang gersang itu sendiri.

Ada tiga bentuk tetapi terkait fragmentasi: fragmentasi eksternal, internal fragmentasi, dan data fragmentasi. Berbagai skema alokasi penyimpanan pameran satu atau beberapa kelemahan. Fragmentasi dapat diterima di kembali untuk peningkatan kecepatan atau kesederhanaan.

Fragmentasi internal

Fragmentasi internal terjadi saat penyimpanan dialokasikan tanpa pernah ingin menggunakannya. [1] Ini adalah ruang-siakan. Sementara ini tampaknya bodoh, sering diterima dalam kembali untuk meningkatkan efisiensi atau kesederhanaan. Istilah “internal” merujuk pada kenyataan bahwa unusable penyimpanan yang dialokasikan di dalam wilayah namun tidak sedang digunakan.

Misalnya, dalam banyak sistem file, setiap file selalu dimulai pada awal sebuah cluster, karena ini simplifies organisasi dan memudahkan tumbuh file. Setiap ruang kiri atas antara terakhir byte dari file yang pertama dan byte berikutnya dari cluster adalah bentuk internal disebut fragmentasi file atau kendur kendur ruang.

Demikian pula, sebuah program yang mengalokasikan satu byte data seringkali banyak yang dialokasikan untuk tambahan byte metadata dan berpihak. Spasi ini juga fragmentasi internal.

Contoh lainnya: Inggris teks sering disimpan dengan satu karakter di masing-masing 8-bit byte meskipun standar ASCII encoding yang paling signifikan sedikit setiap byte selalu nol. Bit yang digunakan adalah bentuk fragmentasi internal.

Serupa dengan meninggalkan masalah daya cipta unused muncul di banyak daerah lain. Misalnya, alamat IP hanya dapat dimiliki dalam ukuran blok tertentu, sehingga banyak IP yang dilindungi undang-undang, tetapi tidak sedang digunakan. Ini adalah kontribusi terhadap kekurangan alamat IPv4.

Tidak seperti jenis fragmentasi, fragmentasi internal yang sulit untuk kembali, biasanya cara terbaik untuk melepaskannya adalah dengan perubahan desain. Misalnya, dalam alokasi memori dinamis, memori internal renang secara drastis memotong fragmentasi oleh menyebarkan overhead ruang yang lebih besar atas jumlah benda.

Third party support (Alternate data stream)

Alternate data stream adalah sebuah fitur dalam sistem berkas NTFS yang dapat menyebabkan sebuah berkas memiliki beberapa buah data (atau dalam istilah NTFS disebut sebagai stream) secara sekaligus. Normalnya, sebuah berkas hanya memiliki sebuah data saja dalam atribut $DATA, yang tidak diberi nama. Dengan menambahkan nama kepadanya, maka sebuah berkas dapat memiliki beberapa stream baru, yang juga dimasukkan ke dalam atribut $DATA secara terpisah.

KELEBIHAN FAT32

Filesistem FAT32 sudah cukup dikenal bagi pengguna windows, khususnya windows ME kebawah. Filesistem ini bekerja dengan menempatkan file dalam tabel-tabel yang telah terindeks dan orang bule bilang File Allocation Table (FAT). File sistem ini pun memiliki berbagai versi yaitu FAT, FAT16, FAT32 dan FAT64 (exFAT). FAT64 atau yang sering disebut extended FAT (exFAT) adalah versi terbaru dari pengembangan filesistem FAT. Filesistem exFAT ini muncul di service pack pertama windows vista. Back to topic, filesistem FAT32 memiliki kelebihan yaitu performa yang cukup baik untuk menghandle kapasitas hardisk yang tidak terlalu besar. Konon, untuk partisi hardisk yang kecil, performa FAT32 lebih baik ketimbang NTFS, benarkah? Entahlah, saya tidak berani memastikan tanpa dilakukanya pengujian atau benchmarking. Kelebihan lain yang saya ketahui dari hasil pencarian adalah kompatibilitas terhadap data dan software lawas. Ya jelas saja, hampir semua sistem operasi (microsoft maupun non-microsoft) mampu melakukan read-write terhadap partisi FAT32. FAT32 merupakan filesistem ideal untuk sistem operasi windows 9x dan windows ME.

KEKURANGAN FAT32

Kekurangan yang paling mencolok filesistem FAT32 ini adalah penanganan kapasitas besar (diatas 32GB). Konon, performa FAT32 kurang mumpuni untuk menangani kapasitas besar, bahkan sistem operasi windows membatasi besaran partisi maksimum untuk filesistem FAT32 hingga 32gb saja. FAT32 juga memiliki kekurangan untuk urusan keamanan yaitu, FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi data. Masa sekarang ini, enkripsi data cukup penting agar data tidak jatuh ke tangan yang tidak berhak. FAT32 juga memiliki kelemahan yang cukup fatal bagi orang-orang yang sehari-hari berkecimpung dengan file-file berukuran besar, misal seorang editor video. Mengapa? Filesistem FAT32 tidak mampu menampung single file berukuran 4gb atau lebih. Tidak hanya itu, beberapa orang berpendapat bahwa filesistem FAT32 ini lebih mudah terfragmentasi dibanding NTFS, jika fragmentasi meningkat, tentu berforma akan turun. Seseorang pernah berpendapat bahwa filesistem FAT32 kurang baik untuk digunakan instalasi windows yang berbasis NT. Bahkan, ada yang mengeluh windows xp nya bekerja tidak maksimal karena partisi tempat windows xp diinstal menggunakan FAT32. Benar tidaknya pendapat ini, saya kurang tau.

NTFS

NTFS atau New Technology File System1, merupakan sebuah sistem berkas yang dibekalkan oleh Microsoft dalam keluarga sistem operasi Windows NT, yang terdiri dari Windows NT 3.x (NT 3.1, NT 3.50, NT 3.51), Windows NT 4.x (NT 4.0 dengan semua service pack miliknya), Windows NT 5.x (Windows 2000, Windows XP, dan Windows Server 2003), serta Windows NT 6.x (Windows Vista, Windows 7).

Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan keluarga sistem berkas FAT. NTFS menawarkan beberapa fitur yang dibutuhkan dalam sebuah lingkungan yang terdistribusi, seperti halnya pengaturan akses (access control) siapa saja yang berhak mengakses sebuah berkas atau direktori, penetapan kuota berapa banyak setiap pengguna dapat menggunakan kapasitas hard disk, fitur enkripsi, serta toleransi terhadap kesalahan (fault tolerance). Fitur-fitur standar sebuah sistem berkas, seperti halnya directory hashing, directory caching, penggunaan atribut direktori, dan atribut berkas tentu saja telah dimiliki oleh NTFS. Bahkan, Microsoft telah menambahkan kemampuan yang hebat ke dalam NTFS agar memiliki kinerja yang tinggi, lebih tinggi daripada sistem berkas yang sebelumnya semacam HPFS atau FAT, khususnya pada ukuran volume yang besar, tetapi juga tetap mempertahankan kemudahan pengoperasiannya. Salah satu keunggulan NTFS dibandingkan dengan sistem berkas lainnya adalah bahwa NTFS bersifat extensible (dapat diperluas) dengan menambahkan sebuah fungsi yang baru di dalam sistem operasi, tanpa harus merombak desain secara keseluruhan (perombakan mungkin dilakukan, tapi tidak secara signifikan).

Beberapa Fitur NTFS

Bagian berikut akan memberikan informasi sedikit mengenai beberapa fitur NTFS:

  • NTFS dapat mengatur kuota volume untuk setiap pengguna (dalam NTFS disebut dengan Disk Quota).
  • NTFS mendukung sistem berkas terenkripsi secara transparan dengan menggunakan jenis beberapa jenis algoritma enkripsi yang umum digunakan.
  • NTFS mendukung kompresi data transparan yang, meskipun tidak memiliki rasio yang besar, dapat digunakan untuk menghemat penggunaan ruangan hard disk. Selain itu, NTFS mendukung pembuatan berkas dengan atribut sparse (berkas yang berisi banyak area kosong di dalam datanya) yang umumnya dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi ilmiah.
  • NTFS mendukung hard link (tautan keras) serta symbolic link (tautan simbolis) seperti halnya sistem berkas dalam sistem operasi keluarga UNIX, meskipun dalam NTFS, implementasinya lebih sederhana. Fitur symbolic link dalam NTFS diimplementasikan dengan menggunakan Reparse Point yang awalnya hanya dapat diterapkan terhadap direktori. Windows Vista mengizinkan penggunaan symbolic link terhadap berkas.
  • NTFS mendukung penamaan berkas dengan metode pengodean Unicode (16-bit UCS2) hingga 255 karakter. Berbeda dengan sistem berkas FAT yang masih menggunakan pengodean ANSI (8-bit ASCII) dan hanya berorientasi pada format 8.3. Penggunaan nama panjang dalam sistem berkas FAT akan menghabiskan lebih dari dua entri direktori. Tabel di bawah ini menyebutkan karakteristik perbandingan antara NTFS dengan sistem berkas FAT32 dan FAT16.
  • NTFS memiliki fitur untuk menampung lebih dari satu buah ruangan data dalam sebuah berkas. Fitur ini disebut dengan alternate data stream.

Tabel Perbandingan Karakteristik NTFS dengan FAT32 dan FAT16

Karakteristik NTFS FAT32 FAT16
Jumlah berkas dalam satu volume 232-1 berkas 228 berkas 228 berkas
Berkas atau subdirektori setiap direktori Tidak terbatas 216-2 berkas atau direktori 216-2 berkas atau direktori
Kompatibilitas dengan sistem operasi DOS Tidak Tidak Ya
Dapat dual-booting dengan Windows 95/98 Tidak Ya (Windows 95 OSR 2.0 ke atas) Ya (Semua versi)
Kompresi data transparan Ya Tidak Tidak
Enkripsi Transparan Ya (versi 3.0 ke atas) Tidak Tidak
Penetapan kuota ruangan untuk tiap pengguna Ya Tidak Tidak
Ukuran berkas maksimum 264 – 1 byte 232 – 1 byte 232 – 1 byte
Ukuran cluster minimum 512 bytes (1 sektor) 512 bytes (1 sektor) 512 bytes (1 sektor)
Ukuran cluster maksimum 64 KB (32 sektor) 64 KB (32 sektor) 64 KB (32 sektor)
Ukuran partisi maksimum 232 cluster 4,177,198 cluster 2 Gigabyte (bisa sampai 4 Gigabyte pada Windows NT)
Jumlah berkas tiap partisi 232 – 1 berkas 228 berkas 216 berkas
Jumlah direktori tiap partisi Tidak Terbatas 216 – 2 direktori 216 – 2 direktori

Versi NTFS

Selama 16 tahun perkembangan Windows NT (1991-2007), NTFS telah beberapa kali mengalami perbaikan fungsi dan fitur. Meskipun terjadi beberapa kali perbaikan fungsi dan fitur, antar setiap versi tersebut masih terdapat kompatibilitas yang sangat dibutuhkan oleh sistem-sistem lama. Berikut ini adalah beberapa versi NTFS:

  • NTFS versi 1.0 merupakan versi yang datang bersama dengan Windows NT 3.1. Versi ini menawarkan fungsi yang sangat dasar, tetapi sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem berkas FAT yang saat itu telah digunakan.
  • NTFS versi 1.1 merupakan versi yang datang bersama dengan Windows NT 3.50. Versi ini menambahkan dukungan terhadap pengaturan akses secara diskrit (discretionary access control).
  • NTFS versi 1.2 merupakan versi yang datang bersama dengan Windows NT 4.0. Versi ini menambahkan dukungan terhadap auditing setiap berkas dan juga kompresi transparan.
  • NTFS versi 2.0 tidak dirilis secara umum, karena berbagai kendala yang dialaminya, yang tidak diumumkan oleh Microsoft (Microsoft menggagalkan proyek NTFS versi 2.0, dan langsung menginjak NTFS versi 3.0, mengingat banyaknya fitur yang ditambahkan ke dalam versi 3.0).
  • NTFS versi 3.0 merupakan versi yang datang bersama dengan Windows 2000. Versi ini menawarkan banyak peningkatan dibandingkan dengan versi sebelumnya. Di antaranya adalah penetapan kuota kepada setiap pengguna, Encrypting File Systemserver pusat, fitur indeksasi terhadap properti dan isi setiap berkas, dan lain-lain. Selain itu, versi 3.0 juga menawarkan dukungan kepada struktur selain MBR (Master Boot Record), yakni GPT (GUID Partition Table) dan LDM (EFS), sistem keamanan yang dapat diatur dari (Logical Disk Management).
  • NTFS versi 3.1 merupakan versi yang datang bersama dengan Windows XP Service Pack 1 dan Windows Server 2003. Versi ini menawarkan perbaikan yang minor yang terjadi dalam versi sebelumnya (khususnya di bidang performa), dan juga penggantian algoritma enkripsi yang digunakan oleh EFS dari DESX atau 3DES menjadi AES-256.

Meskipun memiliki keunggulan dibandingkan dengan sistem berkas FAT, desain internal NTFS sebenarnya didasarkan pada struktur disk berbasis Master Boot Record, sama seperti halnya sistem berkas FAT16 atau FAT32. Dengan menggunakan struktur yang didasarkan atas penggunaan MBR untuk mengolah semua berkas yang dapat disimpan di dalam sebuah disk, maka perpindahan atau migrasi dari sistem berkas FAT menuju NTFS pun mudah dilakukan: hanya mengubah beberapa komponen sistem FAT menjadi NTFS saja. Selain itu, struktur MBR merupakan salah satu cara pengalokasian berkas-berkas dalam hard disk yang sangat populer dan paling umum digunakan, karena skema pengalokasian disk dengan MBR digunakan pada platform Intel x86. Ada lima buah program yang dapat digunakan untuk membuat sebuah volume NTFS, yaitu Disk Administrator (pada Windows NT 3.1, Windows NT 3.5 dan Windows NT 3.51, Disk Management snap-in (pada versi keluarga Windows NT 5.x), serta tiga buah utilitas yang berbasis command-line yaitu format.com (pada semua versi Windows NT), utilitas diskpart.exe, dan utilitas convert.exe.

KELEBIHAN NTFS

NTFS (New Technology File System) adalah file sistem default untuk windows NT. File sistem ini memiliki sejumlah kelebihan dalam menangani partisi dengan kapasitas besar. NTFS ini juga memperhatikan soal keamanan karena dilengkapi dengan fitur enkripsi data. Selain itu, NTFS memiliki fitur disk compression untuk menghemat space hardisk. Ada yang berpendapat, jika fitur disk compression diaktifkan, maka performa akan menurun. NTFS merupakan journaling file sistem, yaitu mencatat informasi mengena file yang ada, jika sewaktu-waktu file rusak/hilang, akan lebih mudah untuk perbaikanya. Kelebihan lain dari NTFS adalah kecepatan random access terhadap file yang terdapat di dalamnya, karena NTFS memiliki fitur indexing yang baik, hal ini menguntungkan jika pengguna sering melakukan searching file dibanding FAT32. File sistem ini ideal untuk sistem operasi windows yang berbasis NT (windows 2000 keatas). Konon, sistem operasi yang berbasis windows NT akan berjalan lebih cepat dan lebih stabil diatas partisi NTFS ini.

KEKURANGAN NTFS

Kekurangan NTFS yang sering dibicarakan adalah kompatibilitas terhadap software atau operating sistem lawas seperti win 9x dan ME. Sistem operasi lama milik microsoft ini tidak mampu membaca file sistem NTFS. Selain itu, beberapa orang menilai bahwa file sistem NTFS ini tidak universal, karena OS selain microsoft tidak mampu melakukan read-write pada partisi NTFS, namun hal ini sudah terselesaikan. Terselesaikan? Ya, saat ini distro linux telah mampu melakukan read-write file sistem NTFS dengan modul ntfs-3g. Ada yang berpendapat bahwa partisi berfile sistem NTFS akan susah diperbaiki jika terjadi masalah, benarkah? Dulu mungkin benar, tapi sekarang belum tentu. Saat ini file sistem NTFS sudah cukup populer, sehingga muncul tool-tool recovery yang mendukung recovery data dan perbaikan partisi berfile sistem NTFS. Bahkan saya pernah mengalami 2 partisi di hardisk saya hilang karena suatu kesalahan, 1 berfile sistem NTFS dan satunya lagi berpartisi FAT32, saya pun melakukan recovery data, hasilnya? Data saya di partisi NTFS kembali 100% dan FAT32 hanya kembali 60%.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: